Prediksi Pemenang Oscar 2018


Tidak hingga sebulan lagi, tepatnya pada 4 Maret, ajang Academy Awards ke-90 siap digelar. The Shape of Water memimpin dengan 13 nominasi, diikuti Dunkirk (8) kemudian Three Billboards Outside Ebbing, Missouri (7). Seperti banyak orang telah ketahui, Oscar semakin kental nuansa politis. Ketimbang sekedar kualitas, bermacam-macam informasi dan kepentingan berperan sangat besar memilih siapa saja yang bakal berjaya. Faktor tersebut tentu saja mempengaruhi prediksi saya kali ini. Tanpa perlu panjang lebar, ini beliau prediksi pemenang Oscar 2018 versi Movfreak:

BEST VISUAL EFFECTS
Juri bakal lebih mengagungkan sinematografi Blade Runner 2049 ketimbang imbas visualnya. Ini pertarungan Star Wars: The Last Jedi melawan War for the Planet of the Apes. Kemenangan Ex-Machina atas The Force Awakens 2 tahun kemudian mengatakan bahwa Oscar lebih menyukai imbas realis ketimbang bombastis. War for the Planet of the Apes memenuhi kriteria itu.
Should Win: War for the Planet of the Apes
Will Win: War for the Planet of the Apes

BEST FILM EDITING
Butuh kejelian luar biasa guna menyesuaikan hentakan musik dengan perpindahan adegan dalam Baby Driver, tapi gerak taktis di medan perang Dunkirk bakal lebih membuai. Apalagi Dunkirk menurut aspek teknis, dan berpeluang besar menguasai kategori-kategori terkait.
Should Win: Baby Driver
Will Win: Dunkirk

BEST COSTUME DESIGN
Phantom Thread yakni film ihwal desainer. Fakta itu sudah cukup menyegel kemenangannya.
Should Win: Phantom Thread
Will Win: Phantom Thread

BEST MAKEUP AND HAIRSTYLING
Tidak ada kontes. Victoria & Abdul masuk hanya sebagai pelengkap, dan kemampuan tata rias Darkest Hour mendukung akting Gary Oldman, yang bisa dipastikan memenangkan Best Actor, memberinya keuntungan.
Should Win: Darkest Hour
Will Win: Darkest Hour

BEST CINEMATOGRAPHY
Nominasi ke-14 Roger Deakins. Mau hingga kapan Oscar membiarkannya nihil piala? Sudah waktunya itu diakhiri.
Should Win: Roger Deakins – Blade Runner 2049
Will Win: Roger Deakins – Blade Runner 2049

BEST PRODUCTION DESIGN
Ada kemegahan Beauty and the Beast serta cyberpunk memukau Blade Runner 2049, tapi tidak mungkin rasanya peraih nominasi terbanyak tak memenangkan satu pun kategori teknis. Ini jatah The Shape of Water.
Should Win: Blade Runner 2049
Will Win: The Shape of Water

BEST SOUND MIXING
Saya tidak begitu menyukai Dunkirk, tapi kehebatan tata suaranya tak perlu diragukan. Tidak ada lawan berarti.
Should Win: Dunkirk
Will WIn: Dunkirk

BEST SOUND EDITING
Kasusnya serupa dengan kategori Best Sound Mixing.
Should Win: Dunkirk
Will Win: Dunkirk

BEST ORIGINAL SONG
Pertarungan Remember Me melawan This is Me. Remember Me yakni pondasi emosi Coco.
Should Win: Remember Me
Will Win: Remember Me

BEST ORIGINAL SCORE
Musik kolam negeri kisah Desplat sama indahnya dengan nada-nada elegan ciptaan Jonny Greenwood di Phantom Thread. Tapi cinta juri terang lebih tercurah pada The Shape of Water.
Should Win: Alexandre Desplat – The Shape of Water
Will Win: Alexandre Desplat – The Shape of Water

BEST DOCUMENTARY – FEATURE
Kategori paling sulit ditebak tatkala dua unggulan, Jane dan City of Ghosts mangkir sebagai nominee. Strong Island dengan informasi rasisme cukup berpeluang, tapi sejauh ini gaung lebih condong ke arah Faces Places.
Should Win: Icarus
Will Win: Faces Places

BEST FOREIGN LANGUAGE FILM
Loveless yakni film luar biasa dengan setumpuk shot-shot superior. Tapi kembali, faktor relevansi informasi memegang peranan. A Fantastic Woman yang mengusung tema LGBT yakni unggulan.
Should Win: Loveless
Will WIn: A Fantastic Woman

BEST ANIMATED FEATURE FILM
Come on, there’s no contest here.
Should Win: Coco
Will Win: Coco

BEST ADAPTED SCREENPLAY
Naskah Aaron Sorkin luar biasa dalam merangkum fakta berbasis obrolan tanpa melupakan hati. Namun kemenangan Call Me by Your Name di Writers Guild Awards makin menguatkan posisinya.
Should Win: Molly’s Game
Will Win: Call Me by Your Name

BEST ORIGINAL SCREENPLAY
Semula Lady Bird yakni unggulan, hingga Get Out memenangkan Writers Guild Awards. Ditambah usungan informasi rasisme, jalur kemenangannya terbuka lebar.
Should Win: Three Billboards Outside Ebing, Missouri
Will Win: Get Out

BEST SUPPORTING ACTRESS
Laurie Metcalf terang menyuguhkan akting yang lebih kompleks ketimbang Allison Janney, tapi memeriksa hasil Screen Actors Guild Awards, kemenangan Janney sulit dibendung.
Should Win: Laurie Metcalf – Lady Bird
Will Win: Allison Janney – I, Tonya

BEST SUPPORTING ACTOR
Kemenangan Rockwell di Screen Actors Guild Awards merupakan modal utama. Satu-satunya penghalang apabila juri tergoda backlash seputar abjad rasis yang ia perankan. Bila terjadi, Willem Dafoe siap mencuri kesempatan.
Should Win: Sam Rockwell – Three Billboards Outside Ebbing, Missouri
Will Win: Sam Rockwell – Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

BEST ACTRESS
Alasan yang sama: Screen Actors Guild Awards. Akting McDormand memang luar biasa, walau saya tak keberatan kalau Sally Hawkins muncul sebagai pemenang.
Should Win: Frances McDormand - Three Billboards Outside Ebbing, Missouri
Will Win: Frances McDormand - Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

BEST ACTOR
Satu-satunya yang bisa menggagalkan kemenangan Oldman yakni kasus kekerasan yang pernah ia lakukan ke mantan istrinya, Donya Fiorentino mempengaruhi pilihan juri. Di situ peluang Timothée Chalamet muncul.
Should Win: Gary Oldman – Darkest Hour
Will Win: Gary Oldman – Darkest Hour

BEST DIRECTOR
Hasil Directors Guild Awards terang menguntungkan del Toro. Lawan beratnya yakni Greta Gerwig yang bakal selaras dengan gerakan-gerakan terkait hak perempuan yang marak terjadi belakangan.
Should Win: Guillermo del Toro – The Shape of Water
Will Win: Guillermo del Toro – The Shape of Water

BEST PICTURE
Ini perlonbaan tiga kuda pacu: Three Billboards Outside Ebing, Missouri, The Shape of Water, dan Lady Bird. Empat kalau menghitung Get Out dengan tema rasialisme miliknya, tapi juri akan puas memberi kemenangan di naskah. Three Billboards merupakan unggulan hingga beberapa waktu terakhir tuduhan rasisme mencuat. Untuk menebak, kita perlu memahami sistem penghitungan kategori ini. Bukan cuma “Siapa yang paling disukaii” yang harus diperhatikan, juga “siapa yang paling tidak dibenci”. The Shape of Water sesuai dengan syarat itu.
Should Win: Three Billboards Outside Ebbing, Missouri
Will Win: The Shape of Water

Komentar